Apakah Perbedaan Gonosom dan Autosom?

Posted on

Genetika adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat dari orang tua ke anak. Setiap manusia memiliki 23 pasang kromosom yang membawa informasi genetik. Dua kromosom dari setiap pasangan berasal dari ibu dan ayah. Dalam kromosom tersebut terdapat gen yang menentukan sifat-sifat fisik dan psikologis kita. Dalam pembagian kromosom, terdapat dua jenis kromosom yaitu gonosom dan autosom.

1. Apa itu Gonosom?

Gonosom adalah salah satu jenis kromosom yang terdapat pada pasangan kelamin manusia. Dalam kromosom ini terdapat informasi genetik yang menentukan jenis kelamin manusia, yaitu X dan Y. Pria memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y, sedangkan wanita memiliki dua kromosom X.

2. Apa itu Autosom?

Autosom adalah jenis kromosom selain gonosom. Manusia memiliki 22 pasang kromosom autosom yang membawa informasi genetik untuk sifat-sifat fisik dan psikologis selain jenis kelamin. Kromosom autosom dapat diwariskan dari ibu atau ayah secara acak.

3. Perbedaan Gonosom dan Autosom

Perbedaan utama antara gonosom dan autosom adalah pada penentuan jenis kelamin manusia. Kromosom X dan Y pada gonosom menentukan jenis kelamin manusia, sedangkan kromosom autosom tidak memiliki peran dalam penentuan jenis kelamin.

Pos Terkait:  Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word Gambar

Selain itu, gonosom juga memiliki ciri-ciri lain yang berbeda dengan kromosom autosom. Pada pria, kromosom X dan Y pada gonosom memiliki ukuran yang berbeda, sedangkan pada wanita, kromosom X pada gonosom sama ukurannya dengan kromosom autosom.

4. Penentuan Jenis Kelamin Manusia

Penentuan jenis kelamin manusia terjadi pada saat pembuahan. Sel telur yang dikeluarkan oleh wanita hanya memiliki kromosom X, sedangkan sel sperma yang dikeluarkan oleh pria memiliki kromosom X dan Y. Jika sel sperma yang membuahi sel telur memiliki kromosom X, maka bayi yang lahir akan berjenis kelamin perempuan. Jika sel sperma yang membuahi sel telur memiliki kromosom Y, maka bayi yang lahir akan berjenis kelamin laki-laki.

5. Penyakit Terkait Gonosom dan Autosom

Beberapa penyakit terkait dengan gonosom dan autosom. Penyakit yang disebabkan oleh mutasi pada kromosom gonosom disebut penyakit seksual terkait atau sex-linked disorder. Contohnya adalah hemofilia, yaitu kondisi di mana darah tidak dapat membeku dengan normal. Hemofilia disebabkan oleh mutasi pada kromosom X, sehingga lebih umum terjadi pada pria.

Sedangkan penyakit yang disebabkan oleh mutasi pada kromosom autosom disebut penyakit autosom resesif atau autosomal recessive disorder. Contohnya adalah thalassemia, yaitu kondisi di mana sel darah merah tidak dapat berfungsi dengan normal. Thalassemia disebabkan oleh mutasi pada kromosom 11 atau 16.

Pos Terkait:  Cara Mengubah Video Menjadi Karaoke di Android: Mudah dan Praktis

6. Penutup

Secara umum, gonosom dan autosom memiliki peran yang berbeda dalam pewarisan sifat-sifat genetik manusia. Gonosom menentukan jenis kelamin manusia, sedangkan autosom membawa informasi genetik untuk sifat-sifat fisik dan psikologis selain jenis kelamin. Pengetahuan tentang perbedaan antara gonosom dan autosom penting untuk memahami proses pewarisan sifat dan penyakit genetik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *