Perbedaan Need dan Needed

Posted on

Bagi sebagian orang, bahasa Inggris bisa menjadi bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari. Salah satu hal yang seringkali membingungkan adalah antara kata “need” dan “needed”. Padahal, kedua kata tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan antara “need” dan “needed.

Pengertian Need

Kata “need” merupakan kata kerja dalam bahasa Inggris yang artinya butuh atau memerlukan. Biasanya kata “need” digunakan pada kalimat present tense atau simple present. Contohnya adalah sebagai berikut:

1. I need a new car.

2. She needs to study harder for the exam.

3. They need to finish the project by next week.

Dari contoh-contoh di atas, dapat dilihat bahwa kata “need” digunakan untuk menyatakan kebutuhan atau keinginan saat ini. Oleh karena itu, kata “need” digunakan pada kalimat yang memiliki present tense atau simple present.

Pengertian Needed

Sementara itu, kata “needed” merupakan bentuk past tense atau simple past dari kata “need”. Artinya, kata “needed” digunakan untuk menyatakan kebutuhan atau keinginan yang sudah terjadi di masa lalu. Contohnya adalah sebagai berikut:

Pos Terkait:  Cara Mengetes Touchscreen Samsung

1. I needed a new car last year.

2. She needed to study harder for the previous exam.

3. They needed to finish the project by last month.

Dari contoh-contoh di atas, dapat dilihat bahwa kata “needed” digunakan untuk menyatakan kebutuhan atau keinginan yang sudah terjadi di masa lalu. Oleh karena itu, kata “needed” digunakan pada kalimat yang memiliki simple past tense.

Contoh Penggunaan Need dan Needed

Untuk lebih memahami perbedaan antara “need” dan “needed”, berikut ini akan diberikan contoh penggunaannya dalam kalimat yang sama:

Kalimat: I _____ a new phone last week.

Jawaban:

1. I need a new phone last week. (Salah)

2. I needed a new phone last week. (Benar)

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa penggunaan kata “need” pada kalimat tersebut adalah salah karena kalimat tersebut menggunakan simple past tense. Seharusnya, kata yang digunakan adalah “needed.

Kesimpulan

Dalam bahasa Inggris, kata “need” dan “needed” memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Kata “need” digunakan untuk menyatakan kebutuhan atau keinginan saat ini (present tense), sedangkan kata “needed” digunakan untuk menyatakan kebutuhan atau keinginan yang sudah terjadi di masa lalu (simple past tense). Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami perbedaan antara kedua kata tersebut agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *