Cara Buat Local Disk Baru

Posted on

Local disk adalah tempat penyimpanan data pada komputer atau laptop. Terkadang, kita membutuhkan local disk baru untuk menyimpan data yang lebih banyak. Berikut adalah cara membuat local disk baru pada Windows.

1. Buka Disk Management

Pertama-tama, buka Disk Management dengan cara klik kanan pada Start Menu dan pilih “Disk Management” atau ketik “disk management” pada search bar di taskbar dan pilih “Create and format hard disk partitions.

2. Pilih Disk yang Akan Dipartisi

Pada Disk Management, pilih disk yang akan dipartisi. Klik kanan pada disk tersebut dan pilih “Shrink Volume.

3. Tentukan Ukuran Partisi

Tentukan ukuran partisi baru pada kolom “Enter the amount of space to shrink in MB”. Misalnya, jika ingin membuat partisi baru sebesar 50GB, masukkan angka 50000 pada kolom tersebut.

4. Buat Partisi Baru

Setelah menentukan ukuran partisi baru, klik “Shrink. Setelah proses selesai, akan muncul unallocated space. Klik kanan pada unallocated space dan pilih “New Simple Volume.

Pos Terkait:  Cara Mencari Tahu Hari Ulang Tahun Seseorang

5. Ikuti Wizard

Ikuti wizard yang muncul untuk membuat partisi baru. Pada halaman “Assign Drive Letter or Path”, tentukan huruf drive yang akan digunakan untuk partisi baru. Kemudian pada halaman “Format Partition”, pilih file system dan beri label pada partisi baru. Setelah selesai, klik “Finish”.

6. Selesai

Partisi baru sudah berhasil dibuat. Sekarang, kita dapat menambahkan data pada partisi baru tersebut.

7. Cara Menghapus Partisi Baru

Jika ingin menghapus partisi baru yang sudah dibuat, buka Disk Management dan pilih partisi yang ingin dihapus. Klik kanan pada partisi tersebut dan pilih “Delete Volume”. Setelah proses selesai, unallocated space akan kembali muncul pada disk.

8. Kesimpulan

Itulah cara membuat local disk baru pada Windows. Dengan menambahkan local disk baru, kita dapat menyimpan data yang lebih banyak dan terorganisir dengan baik. Namun, pastikan tidak membuat terlalu banyak partisi karena hal tersebut dapat memperlambat kinerja komputer atau laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *